Kamis, 27 Oktober 2011

Tentang Gelapnya Matahari

   Kau tahu, setiap hari mentari selalu menampakan sinarnya yang menghangatkan dan sekaligus membuat kulit kita memerah hingga berubah warna menjadi hitam. Dibalik sinarnya yang berkilau, ternyata matahari pun memiliki sisi gelapnya sendiri. Sisi dimana cahaya yang berkilau tersebut tidaklah secerah biasanya melainkan menjadi gelap dan pekat.

  Cahaya yang berubah itu terjadi ketika gerhana matahari berlangsung. Tidak setiap hari hal tersebut terjadi namun hal tersebut pasti terjadi. Ternyata matahari tidak selalu cerah ya?

    Perumpamaan tersebut sama seperti manusia. Apakah manusia selalu berwajah cerah layaknya matahari? Jika ada, tentu dia bukanlah manusia melainkan seorang malaikat. Setiap manusia memiliki hati nya masing-masing dimana segala perasaan tersimpan didalamnya. Perasaan cinta,benci,dendam,senang,sedih,dan lain-lain. Kalian juga tahu kan bahwa hati itu dapat kita kendalikan? Jika kalian belum tahu, maka akan kuberi tahukan bahwa ternyata segala perasaan yang kita alami merupakan sesuatu yang telah mendapat izin dari kita sendiri.

  Saat kita membiarkan hati kita tersakiti maka kita akan benar-benar merasa sakit. Begitupula apabila kita kita biasa-biasa saja apabila kita disakiti, maka kita tidak akan apa-apa. Ya memang jika dalam kondisi seperti itu mungkin kita bisa lepas kontrol, wajar saja. Namun hal yang bijaksana adalah dengan belajar mengkontrol diri kita sehingga kita bisa menjalankan amanah-Nya yaitu menjadi khalifah di muka bumi.

  Seperti matahari sehabis gerhana, ia kembali memancarkan sinarnya yang penuh harap ke muka bumi. Bangkit dari kegelapan menuju keadaan yang terang benderang... Seperti buku karangan RA Kartini yang berjudul, Habis Gelap Terbitlah Terang.

   Tetap semangat semuanya! meski kali ini kau melakukan suatu kenistaan dan kealahan, tetaplah percaya bahwa selagi kau masih menginggat-Nya dan mau memperbaiki diri, insya Allah kemulian berada di dalam dirimu. Siapakah yang Maha Menerima Ampun? Siapakah yang Maha Menyayangi Makhluk ciptaan-Nya? Dan siapakah yang dapat meninggikan derajat dan menghapus segala dosa?

   Biarlah hati kecil nan indah dan mulia dalam dirimu yang menjawab.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar